Cara Compress file Pdf menjadi Kecil


Cara Compress file Pdf
Suatu tips, trik maupun tutorial, didasarkan atas pengalaman / suatu kejadian tertentu. Karena tidak mungkin seseorang memberikan tips, trik atau tutorial yang belum pernah dicoba. Karena hal ini dapat membuat kecewa bagi pembaca maupun pendengarnya.

Baru-baru ini ada seorang teman yang memiliki sebuah file, dengan ukuran yang cukup fantastis yang hanya berisi empat halaman tetapi memiliki ukuran file hingga 14 mb.
Karena ukuran file itulah yang tidak mungkin untuk dikirimkan melalui email. Setelah saya melihat isi dari file pdf tersebut ternyata isi didalamnya adalah berupa hasil scan, dimana kemungkinan saat melakukan scan menggunakan. option diatas 150 dpi.

Akhirnya saya coba dengan menggunakan program nitropdf melalui menu optimize pdf. Pada option optimize pdf terdapat fitur untuk mengkompress file pdf.
Setelah proses optimize selesai, file pdf tersebut berkurang hanya 2mb. Ukuran file tersebut masih sangat besar kapasitasnya. Hingga akhirnya saya menemukan cara yang bisa mengecilkan ukuran file pdf tersebut dibawah 1mb.

Cara yang saya lakukan masih dengan menggunakan nitropdf untuk Compress file pdf menjadi kecil :
1. Buka file pdf yang berukuran besar, dengan catatan isi file pdf tersebut adalah format gambar.
2. Extract isi file pdf tersebut kedalam format gambar dengan extensi png dengan option web.
3. Convert / buat kembali file png tersebut menjadi pdf.
4. Gabungkan / Combine masing-masing file pdf tersebut menjadi satu.
5. Selesai

Cara tersebut, cukup berhasil yang dilakukan untuk mengcompress fule pdf. Dengan demikian tips disaat akan melakukan / membuat pdf dari file berformat gambar, sebaiknya :
1. Gunakan resolusi seminim mungkin, tetapi tetap dapat terbaca. Dan gunakan hasil gambar tersebut untuk web.
2. Gunakan format png untuk hasil dari file scan / photo

Dengan dua langkah diatas, kecil kemungkinannya jika hasil file pdf anda memiliki ukuran file yang besar.

Baca Juga