Cara Setting Router TP Link MR3020 dengan Modem 4g LTE Huawei e3372


Artikel ini diawali dengan pengalaman saya sebagai kepala keluarga dimana dalam setiap bulan saya harus mengeluarkan uang untuk membeli 4 paket data internet yang masing-masing kurang lebih 50 ribu rupiah. Dengan jumlah tersebut besar bagi saya hanya sekedar digunakan untuk browsing dan bermain game untuk anak-anak saya. Hingga saya akhirnya membeli 3 paket dimana 1 paket saya gunakan untuk berbagi antara anak-anak saya. Hal ini dikarenakan saya membatasi anak-anak, hanya menggunakan smartphone di hari libur saja (Sabtu dan Minggu).

Namun hal ini menyebabkan smartphone menjadi panas dan bisa menyebabkan menurunnya kinerja smartphone dan menurunkan masa baterai. Kemudian saya memutuskan untuk menjadikan laptop sebagai hotspot. Karena kebetulan saya memiliki modem 4g lte huawei e3372, dimana modem ini telah mendukung jaringan 4G dan dapat digunakan untuk semua provider. Lagi-lagi keputusan yang saya ambil ini menurut saya tidak simpel. Karena anak-anak saya harus menyalakan laptop terlebih dahulu untuk dapat mengakses internet. Saya coba mencari alat apa yang dapat digunakan sebagai router atau Access Point dengan menggunakan modem sebagai koneksinya.

Singkat cerita saya menemukan perangkat yang dapat mewujudkan keinginan saya, dimana saya akhirnya menemukan perangkat Router TP Link MR3020. Alat ini merupakan router yang dapat dijadikan sebagai Access Point dengan koneksi Port USB dan RJ45. Awalnya saya sempat ragu, karena apakah dapat terhubung antara MR-3020 dengan Modem E3276S. Dengan membandingkan beberapa harga yang ada, saya menemukan harga yang lebih murah dengan membeli secara online.

Karena saya membeli MR-3020 ini tidak beserta modem, maka saya harus melakukan setting sendiri agar dapat dijadikan Access Point. Oleh karena itu perlu bantuan laptop untuk dapat mengkonfigurasi dari router tersebut.

Setting Router TP Link MR3020 dengan Modem 4g LTE Huawei e3372

Setting Router TP Link MR3020 dengan usb modem 4g LTE Huawei e3372


1. Hubungkan Kabel Power ke Router dan juga hubungkan modem yang berisi simcard yang telah terisi paket data.
2. Hubungkan kabel RJ45 antara komputer dan router.
3. Buka browser dan masukan pada alamat url : http://tplinkwifi.net
4. Masukan password yang tercantum pada sisi Router dengan
5. Pada langkah selanjutnya anda akan masuk ke menu Quick Setup
a. Sesuaikan Timezone dengan ibukota negara anda. (GMT+7.00)


b. Pada Operation mode setting, pilih Set Dial Number, APN, Username & Password manually (koneksi dengan Smartfren)


Untuk operator lainnya dapat mengacu pada :

Setting APN Operator GSM

c. Pada Wireless Settings anda dapat merubah nama Access Point (SSID) dan Password sesuai nama yang anda inginkan.


d. Summary hanya sebagai referensi dari Quick Setup.

e. Pada Connection Test pilihlah Test Internet Connection. Jika berhasil maka lampu internet pada router anda akan menyala.


Dan jangan lupa untuk memilih Finish.

6. Lakukan reboot, untuk melakukan test kembali jika auto connect modem dapat terhubung ke router.

Jika modem yang anda gunakan tidak dapat terdeteksi, anda dapat masuk ke website TP-LINK untuk update firmware menjadi v3. Untuk mengetahuinya pada dashboard router tplink mr3020 system tools yang akan menampilkan device information


Dengan menghubungkan modem ke router ini, maka anda akan dapat lebih menghemat dalam biaya paket data yang perlu beli.
Untuk memilih paket data internet, anda dapat membaca artikel lainnya : Tips Memilih Paket Data Internet

Baca Juga