Setting APN untuk Operator GSM


Artikel ini merupakan artikel pendukung dari artikel sebelumnya mengenai cara setting router MR3020 dengan Modem Huawei. Dimana operator yang saya gunakan pada modem adalah Smartfren.

Lalu bagaimana jika kartu gsm yang anda gunakan adalah bukan smartfren ?
Berikut daftar Konfigurasi APN operator yang dapat anda gunakan :

1. Telkomsel
APN : telkomsel / internet
Username : wap
Password : wap123

2. XL
APN: www.xlgprs.net
Username: xlgprs
Password: proxl

3. AXIS
APN: AXIS
Username: AXIS
Password: 123456

4. Three
APN: 3gprs
Username: 3gprs
Password : 3gprs

5. Indosat (IM3 dan Mentari)
APN: indosatgprs
Username: indosat
Password: indosat

6. Smartfren
APN: smarfren
User name: M8 atau smartfren
Password: M8 atau smartfren

Untuk dial up yang dapat anda gunakan adalah *99#.

Dari enam daftar yang saya berikan, sebenarnya jika anda menggunakan android, maka pada umumnya anda dapat menggunakan satu setting APN yaitu Internet. Sedangkan user dan password dapat anda kosongkan.
Sebagai catatan, jika anda menggunakan simcard yang sudah mendukung 4G, maka setting bearer pada smartphone anda menjadi LTE.
Namun adakalanya saat android anda dijadikan hotspot, komputer atau android lain tidak bisa terhubung ke internet. Untuk kondisi ini, anda harus memastikan APN Protokol pada smartphone yang dijadikan hotspot hanya menggunakan IPv4 dan bukan menggunakan IPv4/IPv6..

Jika anda menggunakan modem, biasanya modem tersebut telah menyediakan program yang dapat diinstall pada komputer anda sehingga anda cukup memilih icon / menu connect pada program bawaan modem tersebut.

Jadi jika anda sekali waktu coba menghubungkan modem ke router wifi, anda dapat melakukan tes terlebih dahulu seting modem berjalan dengan baik saat dihubungkan ke komputer. Setelah kondisi stabil, maka anda dapat melakukan pengaturan pada router wifi anda. Semoga bermanfaat artikel pengalaman saya pribadi ini.

Baca Juga