Tips Memilih Paket Data Internet


Saat ini Internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi mereka yang memiliki gadget sebagai alat komunikasi, transaksi pembayaran dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan adanya koneksi internet.

Dengan adanya aplikasi chat, masyarakat dapat lebih berhemat dalam menggunakan pulsa, karena adanya biaya yang perlu dikeluarkan setiap kali mengirimkan pesan. Sedangkan dengan adanya paket data, dan anda memiliki aplikasi chat, maka tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan. Karena aplikasi tersebut dapat dijalankan dengan koneksi internet.

Permasalahannya adalah paket data apa yang perlu anda pilih ? Berdasarkan pengalaman pribadi, saya menggunakan smartphone untuk :
1. Aplikasi chat
Aplikasi yang saya gunakan Whatsapp, Line, telegram
2. Internet Banking
Internet banking yang saya gunakan Bukopin, CIMB Click Niaga, Permatae-business, Commonwealth, BCA Clicks.
3. Aplikasi Media Sosial
Media sosial yang saya gunakan adalah Twitter, G+, Quora, Facebook, Instagram
4. Browsing
5. Mobile hotspot and tethering
6. Email
7. Remote computer - TeamViewer

Secara penggunaannya mungkin dapat dikatakan cukup lumayan dari ketujuh penggunaan smartphone saya. Lalu paket data apa yang saya gunakan ?
Karena saya menggunakan smartphone dengan dua simcard, maka saya dapat menggunakan dua paket yang berbeda. Tujuannya adalah untuk membagi koneksi mana yang akan saya pakai. Walaupuni paket data untuk dua simcard tersebut jarang saya lakukan. Dalam arti pada waktu-waktu tertentu saja.



Tips Memilih Paket Data Internet

1. Pilih paket Unlimited
Paket ini umumnya terbilang mahal, namun jika anda memiliki dua simcard, tidak perlu khawatir. Karena untuk menggunakan paket ini, ada beberapa hal yang perlu anda perimbangkan :
a. Dalam hal wilayah area jaringan (coverage area) yang didukung oleh provider dari simcard anda jika anda memilih jaringan 4G.
b. Apakah paket unlimited berlaku selama 24jam atau berdasarkan waktu. Jika tidak berlaku selama 24jam, sebaiknya anda memilih paket kuota.
c. Harga
Pilihlah harga paket unlimited dibawah 50ribu dengan masa aktif satu bulan. Dengan catatan paket tersebut berlaku 24jam, sehingga tidak ada batasan dalam hal waktu.

2. Paket Kuota
Pada paket ini, anda harus melakukan uji coba. Dalam arti, berapa kuota yang diperlukan oleh anda selama satu bulan untuk menggunakan data koneksi.
Lakukan dengan berlangganan paket mulai 500mb, 1gb, 1,5gb dan seterusnya dengan kelipatan 500mb. Setelah anda mendapatkan jumlah kuota yang sesuai, anda dapat mencari provider yang menyediakan paket yang sesuai dengan anda dengan menggunakan simcard kedua pada smartphone anda.

Berikut asumsi yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih paket data anda.
Misalnya anda memerlukan paket selama satu bulan 8gb, dan ada pilihan paket :
A. Unlimited 1,5gb dengan harga 36ribu selama satu bulan.
B. Paket 1gb paket data sampai jam 12 malam, chat 1gb, 2gb dini hari dengan harga 20ribu selama 14 hari.
Manakah yang akan anda pilih ?
Dengan dua harga tersebut, maka saya akan memilih Paket A. Karena paket A adalah unlimited. Kalaupun 1,5gb telah habis kita masih bisa menggunakannya. Dan kecepatan yang akan diturunkan.
Tetapi jika anda banyak menggunakan data koneksi di malam / dini hari, maka pilih paket malam.

Cara Menghemat Paket Data
1. Buka aplikasi yang membutuhkan koneksi internet besar di jam / want yang memiliki kuota yang besar.
2. Aktifkan mobile data sesuai kebutuhan.
3. Jangan buka media sosial yang banyak menampilkan gambar atau video.
4. Atur update aplikasi, download media gambar, video hanya berada pada koneksi wifi pada smartphone anda.
5. Jika anda mengaktifkan hotspot, atur perangkat tertentu saja yang terhubung ke hotspot anda.

Itulah pertimbangan dan langkah yang saya lakukan dalam memilih paket data internet.

Baca Juga