Cara Menggunakan Google Measurement


Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya yang berhubungan dengan ukuran suatu benda atau area tertentu dengan bantuan aplikasi android. Hal ini saya lakukan saat saya memerlukan keliling dari suatu ruangan yang akan dipasang profil kayu setelah dipasang plafon.

Karena saat itu saya tidak memiliki meter ukur, maka saya mencoba menggunakan aplikasi dari produk google yaitu Google Measurement

Cara menggunakan Google Measurement :

1. Download aplikasi google measurement dari playstore

2. Buka aplikasi tersebut setelah terinstall

3. Posisikan android anda secara horizontal atau vertikal dengan mengarahkan pada objek yang akan anda ukur.

4. Tunggu hingga layar android anda menampilkan distance dan elevation
Tampilnya menu ini layar android menampilkan titik putih yang rapat.
5. Drag salah satu menu tersebut sesuai pilihan anda. Misalnya anda memilih distance maka pilih garis biru, lalu drag dan drop di layar android anda.

6. Tentukan titik objek awal anda dari salah satu lingkaran putih dan selanjutnya geser lingkaran putih yang lainnya ke arah titik akhir / tujuan objek anda.

7. Yakinkan bahwa garis biru benar-benar telah berada pada kedua titik objek anda. Selanjutnya anda dapat menyinpannya sebagai capture dengan menekan icon lingkaran putih pada layar android anda. Hasil capture tersebut akan tersimpan di galery anda.

Dan jika anda sedang mencari keliling suatu ruang, maka anda dapat langsung mengukurnya dengan memindahkan lingkaran putih distance anda ke titik objek lainnya. Ulangi langkah 6 hingga anda mendapatkan seluruh panjang ruang tersebut. Dengan menjumlahkannya, maka anda telah mendapatkan keliling ruangan anda.

Cara tersebut dapat anda lakukan jika anda memiliki meter ukur dengan panjang terbatas. Dengan demikian anda dapat melakukannya hanya satu kali ukur setiap sisi ruang atau objek yang akan anda ukur. Semoga bermanfaat.

Baca Juga