Cara Remove Referal Spam di Google Analytics


Suatu kebanggaan bagi para blogger bila artikel yang dibuat mendapatkan pengunjug (visitor) dengan jumlah yang cukup banyak. Terlebih lagi bila pengunjung tersebut datang dan meninggalkan komentar pada artikel tersebut. Tetapi ada kalanya mereka datang dengan meninggalkan komentar bersamaan dengan menyertakan link artikel aktif milik mereka. Saya sebagai pemula yang masih perlu banyak belajar tentang dunia blog, maka saya perlu adanya referensi bacaan terkait hal tersebut.

Dari berapa referensi, pada umumnya mereka memberikan moderasi sebagai alat untuk memfilter setiap komentar yang masuk. Dengan demikian pengunjung yang berkomentar harus menunggu hingga komentar yang diberikan disetujui oleh pemilik blog itu sendiri.

Isi artikel dan pengunjung juga mempengaruhi laporan yang diberikan oleh google analytics. Laporan yang diberikan oleh google analytics akan tampil setelah anda melakukan validasi dengan memasukan kode analytics pada blog anda. Dimana banyak yang khawatir akan besarnya nilai bounce rate yang akan berpengaruh pada blog nya. Besarnya nilai bounce rate berdasarkan referensi yang saya baca disebabkan karena kunjungan singkat dari pengunjung itu sendiri.

Hal ini pernah saya alami dimana bounce rate saya hingga mencapai 60% setiap harinya setelah berganti template, dimana pada template sebelumnya paling besar hanya 8%. Setelah mencari beberapa referensi ada salah satu blog yang saya baca yaitu portal uang dimana dengan mempersar huruf artikel akan memperkecil nilai bounce rate. Setelah saya coba akhirnya memang ampuh untuk memperlecil nilai bounce rate, dimana saat itu turun hingga mendapatkan nilai 15% dan terus menampilkan prosentase yang diharapkan setelah artikel kembali terindex di search console.

Dan baru tiga minggu yang lalu saya mendapatkan kembali nilai bounce rate yang besar. Akhirnya setelah saya lihat laporan dari google analytics ternyata datangnya dari referral seo. Hal ini menimbulkan pertanyaan karena saya sendiri tidak pernah menggunakan jasa seo untuk artikel yang saya miliki.
Saya kembali mencari referensi yang ada. Hingga akhirnya menemukan agar saya melakukan filter pada google analytics.

Untuk melakukan filter terhadap referral tersebut :
Login ke akun google analytics anda dan Masuk ke Admin

1. Pilih view
2. Pilih filter dan pilih add filter
3. Masukan nama filter
4. Pilih custom pada filter type
5. Pilih exclude dengan mengganti filter field menjadi referral
6. Masukan alamat url referral yang dianggap spam.
7. Save
Cara diatas dapat berfungsi dengan baik hingga akhirnya datang kembali dengan referral yang sama dan hanya ada penambahan huruf di awal dari alamat referral tersebut. Misalnya : awalnya referral seo lalu berubah menjadi 5referral seo.

Akhirnya setelah mencari di pusat bantuan google analytics saya menemukan...

Cara mengatasi Referral Spam di google analytics

Login ke akun google analytics anda dan Masuk ke Admin.
1. Pilih Property
2. Pilih Referral Exclusion List pada
Tracking Info
3. Add Referral Exclusion
Masukan alamat url referral dan pilih save.

Setelah saya mencoba langkah tersebut akhirnya bounce rate saya kembali normal, walaupun pageview saya menurun. Tetapi tidak jadi masalah bagi saya, karena pengunjung yang datang ke artikel saya adalah pengunjung yang benar-benar membaca artikel saya. Hal ini ditandai dengan durasi yang tampil pada laporan google analytics saya.
Jadi jika sekali waktu anda mengalami hal seperti yang saya alami, dapat mencoba cara tersebut.

Baca Juga