Cara Cepat Mengganti Nama File


Untuk pengguna komputer yang berbasis system operasi windows tentu tidak asing dengan aplikasi default bawaan dari microsoft yang untuk menampilkan file atau folder yang bernama windows explorer. Pada aplikasi windows explorer terdapat beberapa fungsi baik untuk menampilkan file berdasarkan nama file, waktu, ukuran file atau jenis file. Permasalahannya adalah bagaimana jika kita memiliki file dengan jumlah yang cukup banyak dan ingin mengganti atau menambahkan nama file tersebut. Biasanya masalah ini terjadi untuk file dengan jenis gambar atau file dengan jenis audio. Apakah kita harus merubah satu persatu ? tentu hal ini akan banyak memerlukan banyak waktu.

Dengan keadaan tersebut kita dapat menggunakan bantuan aplikasi untuk merubah nama file (rename) dengan cepat. Aplikasi yang dapat kita gunakan adalah Bulk rename utility. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat mengganti nama file dengan cepat.

Cara cepat mengganti nama file (Rename) :

Dari capture aplikasi bulk rename utility berikut ini, anda dapat melihat langkah / proses mengganti nama file anda.


Untuk melakukan hal tersebut anda harus masuk ke dalam folder yang akan menampilkan file yang akan kita ubah. Setelah masuk ke dalam folder maka kita harus memilih file yang akan kita ubah dengan bantuan ctrl + mouse select.
Berikut fungsi menu bulk rename utility yang bisa digunakan
Nomor 1 - remove.
Berfungsi untuk menghapus karakter atau huruf awal

Nomor 2 - remove.
Fungsinya sama dengan nomor 1 hanya huruf yang akan dihapus dimulai dari urutan terakhir.

Nomor 3 - Add
Pada fungsi ini saya menggunakan prefix dan suffix. Prefix berfungsi untuk menambahkan huruf / kata pada awal sedangkan suffix penempatannya pada akhir.

Nomor 4 - Autoupdate
Berfungsi jika kita akan mengubah tanggal dari file tersebut. Untuk fungsi ini saya tidak pernah menggunakan karena tidak ingin merubah waktu aslinya.

Nomor 5 - Numbering
Berfungsi untuk melakukan penomoran dari file tersebut.
Anda cukup mengganti angka pada kolom start sesuai nomor yang akan dimulai anda ganti.

Untuk fungsi lain Bulk Rename Utility anda dapat bereksperimen sendiri. Dan jangan lupa setelah melakukan seting dari menu-menu diatas, langkah akhir adalah dengan memilih tombol rename sebagai langkah eksekusi.
Demikian cara cepat mengganti nama file dengan bulk rename utility.

Baca Juga