Mengetahui Perbedaan To, Cc dan Bcc


Seberapa sering anda menggunakan email dalam kehidupan sehari-hari atau dalam lingkungan pekerjaan anda? Pada umumnya mereka yang akan mengirimkan email kepada beberapa orang penerima, masih banyak yang hanya menggunakan pilihan "to".

Pilihan ini sebenarnya tidak terlalu jadi masalah jika penerima email tersebut masih dalam jumlah yang sedikit. seperti hanya 5 orang penerima. Namun jika penerima email dengan jumlah yang cukup banyak, maka bisa jadi kita (pengirim) akan dianggap sebagai spammer. Hal ini biasanya jika alamat email tersebut berbayar, maka secara otomatis alamat email pengirim akan ditandai sebagai spam. Sehingga secara otomatis penerima email tidak menerimanya.

Perbedaan To, Cc, dan Bcc saat akan mengirimkan email.


Pada menu penerima email kita dapat melihat :
1. fungsi TO pada email : adalah penerima email utama, seperti yang dijelaskan paragraf pertama.
Fungsi pengiriman ini umum digunakan oleh pengguna email, dimana untuk mengirimkan ke beberapa alamat email. Namun pilihan ini, sebaiknya jangan dipergunakan untuk mengirimkan email pada penerima lebih dari 5 orang, Karena biasanya akan dianggap sebagai spam.

2. fungsi CC (carbon copy) yang dapat dikatakan juga dalam surat menyurat sebagai tembusan. Jadi dengan demikian alamat email yang tercantum dalam cc dapat mengetahui alamat email utama (to). Sehingga pihak penerima email melalui cc sifatnya hanya untuk memonitor saja pada umumnya. Namun kadang ada juga yang ikut membalas email tersebut dengan memberitahukan kepada pengirim utama bahwa dia coba untuk menjawab atas email yang dikirimkan.

Contohnya : jika kita sebagai pegawai akan mengirimkan nota tagihan kepada pembeli dan ditembuskan kepada kepala bagian, maka alamat email utama diisi dengan email pembeli. Sedangkan cc diisi dengan alamat email kepala bagian.

Kelemahan menggunakan fungsi cc :

disaat penerima email hanya menjawab dengan cara replay. Hal ini akan menyebabkan email akan terkirim kepada alamat email yang dijawab saja. Sehingga alamat email yang berada di cc tidak dapat mengetahui, jika email sudah dibalas.

3. fungsi BCC (blind carbon copy) dapat digunakan untuk mengirimkan isi email yang sama kepada penerima email dengan jumlah yang banyak. Cara ini digunakan untuk mengirim banyak alamat email tanpa dianggap spam. Karena masing penerima email tidak akan mengetahui alamat email yang lain. Hal ini bisa kita gunakan jika isi email tersebut bersifat rahasia. Misalnya menanyakan no relening, pengiriman form yang perlu di isi oleh supplier atau pembeli.

Jadi dengan mengetahui perbedaan to, cc dan bcc pada email, maka mulailah kita gunakan cara di atas sesuai tujuan email yang akan kita kirimkan. Lebih baik lagi jika anda mengaktifkan notifikasi disaat pihak penerima email telah membacanya.

Bagi yang ingin menambahkan, silahkan untuk dapat berbagi pengetahuan pada kolom komentar.

Baca Juga