Mengganti table array dengan define name pada excel


Pada posting sebelumnya yang membahas cara menggunakan vlookup dalam prakteknya masih banyak yang menggunakan cara dengan mensortir area cell sebagai daftar tabel yang akan dijadikan dasar dalam menentukan table array pada rumus vlookup atau hlookup.
Masalahnya adalah apakah daftar tabel yang akan digunakan tersebut tidak akan berubah dalam susunannya ? tentunya daftar table akan bertambah sesuai dengan berjalannya waktu. Apalagi jika daftar table yang digunakan adalah nilai kurs atau harga satuan barang yang dipengaruhi dengan waktu. Oleh karena itu saya pada awalnya dalam menggunakan rumus yang terkait dengan table array adalah dengan memasukan nilai cell pada area table yang saya akan gunakan. Namun dengan berjalannya waktu dan bertambahnya data yang ada dan seringnya digunakan data tersebut maka saya mengganti area cell tersebut dengan define name yang bisa disimpan pada Name manager.

Membuat define name sebagai referensi cell


1. Langkah pertama anda masuk ke menu formula
2. Pilih name manager. langkah ini untuk memastikan bahwa tidak adanya daftar yang duplikat.
3. Pilih menu new
4. Pada menu new name isikan name sesuai dengan yang akan dijadikan oleh anda sebagai identitas atau nama dari table array. Dalam hal ini karena saya memberikan contoh adalah untuk daftar kurs maka saya gunakan nama "kurs"
5. Pada langkah ini saya beri tanda 5a dan 5b karena keduanya merupakan satu langkah yang saling berkaitan.
Untuk langkah 5a saya sorot kolom B sampai dengan kolom E sehingga akan menghasilkan yang terihat pada 5b.
6. Pilih OK.
Setelah langkah-langkah diatas dilakukan maka nama "kurs" akan muncul pada name manager menjadi seperti di bawah ini

Lalu setelah langkah diatas dilakukan, bagaimana penerapan pada rumusnya ?
anda dapat membaca : Cara menggunakan vlookup sebagai dasar dalam memahami rumus vlookup

Jika anda melihat dari contoh gambar yang disajkan pada postingan ini maka table berada pada range cell dari B sampai dengan E sehingga rumus yang digunakan adalah : "=VLOOKUP(H5;$B$3:$E$17;4)".
Untuk mengganti table array dengan define name yang telah dibuat maka anda dapat mengganti rumus tersebut menjadi "=VLOOKUP(H5;kurs;4)".

Demikian cara mengganti table array pada microsoft excel 2013, dan semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga