Aplikasi Android Pengganti Scanner


Suatu waktu anda pasti pernah diminta untuk mengirimkan suatu berkas apakah berkas dalam bentuk KTP, Nota, Kartu Keluarga atau lainnya. Sedangkan saat itu anda berada diluar kantor atau memang anda tidak memiliki scanner sebagai alat bantu untuk dapat menduplikasi berkas tersebut.

Hal ini tentu akan memakan waktu anda jika harus mencari rental computer untuk dapat menscan berkas tersebut. Karena kondisi tersebut pernah dialami disaat saya mendaftarkan pada penyedia jaminan kesehatan dan saya harus memverifikasi pendaftaran tersebut dengan melampirkan KTP dan Kartu Keluarga. Karena saat mendaftarkan di malam hari secara online maka saya mencoba mengirimkan KTP dan Kartu keluarga dengan cara memfoto kedua berkas tersebut melalui handphone.

Untuk berkas berbentuk KTP tidaklah terlalu bermasalah, karena bentuknya yang kecil. Sedangkan saat mengambil foto Kartu Keluarga saya harus mengambil beberapa  harus timbul rasa jengkel karena hasil yang didapat tidak jelas. Karena objek yang diambil berukuran kertas Folio / F4.
Lalu timbul dalam pikiran saya, pasti ada aplikasi android yang dapat menggantikan fungsi scanner. Akhirnya dari beberapa aplikasi dan beberapa review yang ada saya mencoba 2 aplikasi yang saya pilih.yaitu Office lens dan Camscanner.



Dari dua aplikasi yang saya pilih tersebut secara umum pada prinsipnya adalah sama dimana objek yang akan diambil tidak perlu simetris antara objek dan camera, karena aplikasi kedua aplikasi akan merubah foto / objek akan tampil simetris.

Seperti gambar di samping ini Office Lens mengambil gambar berdasarkan garis putih yang secara otomatis akan mencari sisi perspektif dari objek untuk dapat dirubah menjadi objek dengan tampilan seperti telah di scan.
Hasil dari photo yang diambil dapat langsung di save kedalam aplikasi Microsoft yang terinstall di android anda seperti Onenote, Onedrive,Word,Powerpoint, PDF atau tersimpan di Galery.

Namun kekurangan dari aplikasi ini menurut saya adalah kita harus benar-benar mengambil objek semaksimal mungkin agar garis putih yang tampil di layar android anda benar-benar sesuai dengan objek yang akan diambil.

Sedangkan gambar di samping ini adalah aplikasi dari Camscanner dimana dalam mengambil objek kita tidak perlu menentukan garis putih tersebut harus sesuai dengan objek. Karena yang akan menyesuaikan objek adalah kita sendiri dengan mengatur titik-titik putih sesuai objek yang akan kita ambil. Dari hasil photo ini akan tersimpan dengan format jpg dan pdf, sesuai pilihan kita. Dari kedua aplikasi tersebut saya menggunakan Camscanner sebagai pilihan saya, karena selain mudah digunakan dan juga kapasitas aplikasi lebih kecil jika dibandingkan dengan Office lens. Disamping itu aplikasi Camscanner ini mempunyai fitur OCR dan hasil dari Camscanner lauh lebih besar daripada Office Lens.

Namun demikian semua itu saya kembalikan kepada para pengguna sendiri mana yang dianggap lebih baik. Dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda.

Baca Juga