Antivirus yang perlu digunakan


Judul artikel ini ditujukan untuk pengguna komputer yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya dan lingkungan kerja. Karena kadang pengguna komputer kurang memperhatikan hal ini, dalam bentuk aplikasi antivirus yang diinstal pada komputer mereka, di mana mereka lebih mementingkan akselerasi atau kerja aplikasi baik dalam bentuk aplikasi kantor atau multimedia yang diinstal di dalamnya. Sementara dari awal hingga sekarang virus menyebar, berbagai jenis. Dari dokumen yang menyerang dokumen, sistem bahkan dapat menghapus partisi hard disk Anda. Sungguh disayangkan jika semua hasil pekerjaan kita yang tersimpan di komputer hilang sesaat hanya karena virus.


Terlebih saat ini komputer yang dijual di pasaran masih belum menginstal sistem operasi (OS) sehingga aplikasi tersebut tidak terinstal secara otomatis di dalamnya. Ini memang tidak bisa disalahkan karena ini adalah bentuk layanan dari penjual untuk dapat memuaskan pembeli dengan menyesuaikan aplikasi yang diinginkan oleh pembeli. Tetapi jika pembeli tidak benar-benar mengerti, maka orientasi mereka hanya pada aplikasi yang mereka inginkan. Apalagi komputer yang dijual di pasaran memiliki spesifikasi rata-rata yang cukup tinggi sehingga terkadang pengguna komputer tidak merasa jika komputer yang mereka gunakan terinfeksi virus atau tidak.

Oleh karena itu berdasarkan pengalaman, setiap komputer yang digunakan harus diinstal dengan antivirus agar tidak menghambat kinerja komputer yang digunakan. Pada saat ini jika kita mencari referensi antivirus terbaik di internet maka kita akan bingung karena banyak antivirus menawarkan beberapa fitur yang tidak sepenuhnya dipahami oleh pengguna komputer.Sebenarnya virus tersebar, terdiri dari beberapa jenis seperti worm, trojan, virus dan virus skrip yang akan menginfeksi / menyerang file sesuai dengan karakter masing-masing.

Yang perlu diperhatikan saat memilih antivirus adalah:
1. Jangan gunakan antivirus yang tingkat perlindungannya terlalu tinggi.
Ini akan mempengaruhi kinerja komputer Anda. dan bahkan ketika Anda menghapus antivirus ini akan menyebabkan sistem komputer Anda rusak. Karena antivirus jenis ini akan menyimpan atau mengkarantina file yang terinfeksi. Jika file yang dikarantina adalah sistem file, file secara umum tidak akan kembali ke folder sistem asli.
2. Jangan menggunakan banyak antivirus di satu komputer dengan karakter antivirus yang sama.
Ini akan menghambat kinerja komputer atau antivirus itu sendiri, yang biasanya komputer kadang suka berhenti beroperasi (hang) sehingga kita harus me-restart komputer.
3. Cari referensi ke informasi tentang berapa banyak database atau daftar virus yang dapat dibersihkan oleh antivirus yang akan diinstal dari info database.

Beberapa karakter Antivirus yang perlu anda gunakan :

1. Gunakan antivirus yang sudah termasuk dengan perlindungan saat berselancar di dunia maya.
2. Gunakan antivirus yang dapat memperoteksi komputer dari jenis virus worm dan trojan.
3. Bila ingin memasang plugin antivirus dalam browser anda cari referensi / review terlebih dahulu.
Karena jangan sampai plugin tersebut akan malah merugikan kita sendiri.
4. Jika melakukan browsing dan halaman tidak tampil dalam kurun waktu yang sangat lama, sebaiknya hentikan untuk mengunjungi halaman tersebut kecuali memang koneksi internet anda lambat.

Jadi dengan uraian diatas kiranya kita dapat mengetahui antivirus mana yang dapat digunakan. Untuk saya pribadi saya menggunakan tiga antivirus dalam satu komputer (nod32, malwarebytes, smadav 2017) dan komputer tidak mengalami hang atau crash. Bahkan komputer saya terhindar dari virus wanacry dan yeadesktop yang beberapa waktu dunia pernah dihebohkan oleh virus tersebut.

Dengan demikian semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khusunya bagi mereka yang sering berselancar di dunia maya.Karena merupakan potensi terserangnya virus dengan mengunjungi beberapa situs yang terinfeksi virus.

Baca Juga