Format Style Table dalam Ms Excel

Format Style Table dalam Ms Excel



MsExcel adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh banyak orang untuk membuat suatu daftar yang berbentuk tabel, ataupun grafik. Dimana tabel ini berisi informasi baik dalam bentuk angka maupun kata yang disusun baik dalam deret ke samping ataupun ke bawah. 
Pada umumnya fungsi tabel ini adalah digunakan untuk mempermudah dalam menentukan fungsi perhitungan baik dalam hal fungsi matematika, statistik, akunting atau fungsi lainnya tergantung dari tujuan dibuatnya tabel tersebut.


Saat ini saya coba membahas mengenai fungsi yang sering saya gunakan. Misalkan dalam suatu deret angka yang kebawah kadang kita harus mengunakan rumus sum, average, mid atau max.
Jika kita menggunakan rumus secara manual maka kita harus mengetik rumus-rumus tersebut secara satu persatu. Permasalahannya adalah bagaimana jika kita memerlukan informasi perhitungan tersebut dari data tabel yang sama. Tentunya kita harus membuat duplikat tabel tersebut kepada cell lain untuk menghasilkan yang kita inginkan atau kita harus mengganti rumus yang telah kita isi tadi apakah di cell yang sama atau dalan cell lain.

Untuk mempermudah pekerjaan yang saya lakukan saya menggunakan format style table. Fungsi ini merupakan yang sangat efektif karena dengan format ini maka kita bisa menggunakan berbagai rumus dalam satu cell saja. Adapun langkahnya adalah blok terlebih dahulu tabel yang telah kita buat lalu masuk ke menu home maka kita akan menemukan suatu icon dengan nama format style table. Setelah langkah tersebut dilakukan maka tabel akan berubah tampilannya seperti pada gambar di awal posting judul ini. Langkah selanjutnya adalah tempatkan pointer / cursor pada akhir tabel yang akan kita hitung, dan cukup kita pilih icon sum maka semua rumus yang sering digunakan dalam MsExcel akan tampil pada cell tersebut, akhirnya kita cukup memilih fungsi mana yang akan kita gunakan.
Demikian langkah dalam membuat fungsi style table yang dapat saya jelaskan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.


No comments:

Post a Comment

Back To Top